Anak Hiperaktif, Ini Cara Mengatasinya

Sabtu, 01 April 2017 - 10:29 WIB
Anak Hiperaktif, Ini...
Anak Hiperaktif, Ini Cara Mengatasinya
A A A
JAKARTA - Memiliki kedekatan yang berkualitas dengan anak merupakan dambaan setiap orang tua. Namun, seperti apa kedekatan yang berkualitas itu?

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani s Psi MSi Psi mengatakan, kedekatan berkualitas berkaitan dengan mindful parenting, di mana orang tua sadar betul mengenai apa saja yang harus dilakukan dalam mendidik dan membina kedekatan dengan anak.

“Mindful parenting itu isinya, terutama kedekatan yang berkualitas. Ibu atau ayah menyadari penuh apa yang mereka lakukan dan betul-betul melakukan pengasuhan dengan apa yang diketahui dan betul-betul disadari. Jadi mereka cenderung melakukan hal-hal yang disarankan,” kata Anna.

“Apa saja? Memeluk anak, menatap matanya, mendengarkan, menjawab pertanyaan anak sepenuh hati. Jadi nggak sekedar bereaksi, tapi juga merespon. Dengan begitu, anak merasa dihargai, dianggap, dan diperhatikan oleh orang tuanya. Perkembangan anak tentu akan jadi lebih baik lagi,” tambah dia.

Kedekatan yang berkualitas antara anak dan orang tua juga dapat berdampak positif untuk mengurangi hiperaktivitas terhadap anak. Dengan cara itu, anak dapat lebih merasa nyaman sehingga menjadi lebih patuh kepada orang tuanya.

“Kaitannya dengan hiperaktivitas, hiperaktif itu ada yang kondisinya biologis ada yang memang karena anak kurang mendapatkan apa yang dibutuhkan, seperti kurang sentuhan, kurang perhatian. Nah, dengan cara pengasuhan tersebut hiperaktif seperti ini dapat berkurang, anak jadi nyaman dan lebih nurut juga,” pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)